Pantai Logending

Pantai Ayah atau sering disebut juga dengan nama Pantai Logending merupakan salah satu dari deretan pantai indah di Kebumen, nama Logending sendiri berasal dari kata “lo” dan “gending”, “lo” adalah sebuah nama pohon yang kayunya dapat di campur kedalam alat musik dalam bahasa jawa yang di sebut Java Gending.

Pantai Ayah memiliki garis pantai yang cukup panjang, objek wisata Kebumen satu ini sudah cukup populer dikalangan wisatawan sebagai salah satu tempat wisata di Kebumen yang wajib dikunjungi bersama deretan pantai lainnya. 
Pantai Ayah memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kebanyakan pantai laut selatan, yaitu ombaknya yang cukup besar dan dikelilingi oleh perbukitan karst, selain itu Pantai Ayah juga memiliki pasir hitam kecoklatan, walaupun pasir hitam namun pemandangan di objek wisata ini tak kalah indah dengan pantai berpasir putih lho. Selain menjadi tempat wisata, Pantai Ayah juga menjadi salah satu TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di Kebumen, nah jika kamu sudah bosan bermain air, Pantai Ayah juga menawarkan pemandangan yang berbeda lho, dimana terdapat hutan jati didekat kawasan pantai, hutan jati ini dikelola oleh Perhutani KPH Kedu Selatan. Di Hutan Jati Logending ini terdapat berbagai macam tanaman yang merupakan tanaman lokal langka, salah satu tanaman langka yang bisa kita temukan di hutan tersebut adalah kayu mahoni Afrika, pohon kayu Mahoni Afrika memang jarang ditemukan di hutan lainnya, karena itu Hutan Logending juga dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman tersebut 

Menurut cerita, hutan di Pantai Ayah kebumen ini dahulunya digunakan sebagai tempat pengawasan dan pos penjagaan oleh tentara Belanda dan Jepang selama menjajah Indonesia, bukan tanpa alasan, hal tersebut dibuktikan dengan terdapatnya benteng yang terletak di dekat pantai. 
Pada tahun 1948-1950, ketika terjadi revolusi di Indonesia, Hutan Jati Logending dekat Pantai Ayah Kebumen tersebut juga digunakan sebagai tempat persembuyian para pejuang militer dalam mempertahankan wilayahnya lho. Bisa dibilang Pantai Ayah merupakan pantai unik di Kebumen, karena tidak hanya menawarkan wisata pantai dan hutan saja, di objek wisata Kebumen tersebut kita juga bisa menjelajah sungai Bodo dengan menggunakan perahu yang sudah disediakan lho, sepanjang penyusuran sungai kita akan melihat pemandangan indah pepohonan dipinggir sungai, Sungai Bodo juga menjadi pemisah antara Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap. Puas berkeliling dikawasan Pantai Ayah, kini saatnya kamu bersantai dipinggir pantai sambil menikmati jajanan yang ditawarkan warung-warung pinggir pantai, sembari menyantap makanan dan ngobrol santai bersama keluarga maupun teman, kita bisa melihat indahnya sunset di Pantai Ayah Kebumen ini, ya, Pantai Ayah menjadi salah satu spot keren untuk melihat sunset di Kebumen. Pantai Ayang merupakan salah satu pantai terlengkap di Kebumen, selain wisatanya yang menarik, Pantai Ayah juga didukung dengan fasilitas lengkap seperti terdapatnya tempat parkir, mushola, ruang ganti pakaian, warung makan, hingga area permainan anak. Sumber Artikel : http://www.brobali.com/2016/09/pantai-ayah-pantai-terlengkap-di-kebumen.html

Posting Komentar