Sate Ambal

Sate Ambal Kebumen (Foto : kaskus.co.id)
Siapa seh yang tak kenal dengan Sate Ambal? Bagi kamu yang asli Kebumen atau yang biasa singgah di kota ini tentu sudah tak asing dengan makanan yang satu ini. Sate ayam khas Kebumen yang terkenal dan legendaris ini juga bisa kamu temukan di luar daerah Kebumen.

Sesuai namanya, sate Ambal berasal dari desa Ambalresmi, kecamatan Ambal yang berada di pesisir selatan Kebumen. Sepintas memang mirip dengan sate Madura, namun bumbu yang digunakan sate Ambal ini jauh berbeda.

Kalau sate Madura biasanya menggunakan kacang tanah sebagai bahan dasar bumbunya, lain halnya dengan sate Ambal yang memanfaatkan sambal tempe untuk menciptakan citarasa yang unik lewat rasa pedas yang bercampur dengan jahe dan aneka rempah lainnya.

Sebelum dibakar, daging satenya telah dimasak terlebih dahulu sehingga rasanya lembut dan gurih. Sate Ambal biasanya disajikan terpisah dari bumbunya, lengkap dengan potongan lontong atau ketupat. Untuk menikmati rasa sate Ambal yang maknyus top markotop di Kebumen, kamu cukup mengeluarkan uang antara 10–15 ribu aja. Murah meriah banget bukan?

Posting Komentar